Contoh Laporan Prakerin Bab 1



BAB I  PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pada dasarnya keahlian kejuruan (SMK) di Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI) merupakan pendidikan dan pelatihan untuk menunjukan bahwa keterampilan siswa SMK, memiliki Evaluasi keberhasilan siswa sampai dengan pemasaran tamatan . Program pendidikan dan pelatihan membuat aspek-aspek pendidikan, yang meliputi :

a.     Komponen Normatif yang meliputi mata pelajaran PAI, PKN, Bahasa dan Sastra Indonesia, Penjaskes, Sejarah Nasional, dan Sejarah Umum
b.    Komponen Adaftif yang meliputi mata pelajaran teori-teori kejuruan dalam lingkungan hidup suatu progra study tertentu
c.     Komponen Praktek Dasar Kejuruan yang meliputi praktik penunjang dalam melakukan beberapa jenis pekerjaan relevan di Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI) yang berada dalam lingkup profil tamatan dari program study tertentu.
d.    Komponen Praktek Industri Kerja Langsung pada Dunia Usaha / Dunia Industri.

Dari berbagai pengalaman SMK menyelenggarakan program PSG, Komponen Normatif  dan Adaftif yang dilaksanakan di sekolah. Komponen Praktek Dasar Kejuruan dapat dilaksanakan sebagian di sekolah dan sebagiannya di industri, sedangkan Komponen Praktek Industri Sepenuhnya di laksanakan di Industri.

1.2 Pembatasan Ruang Lingkup 

     Adapun langkah lanjut dalam menyusun laporan ini , maka dari pada itu penulis membuat batasan masalah agar tidak keluar dari pembahasan yang akan dibahas dalam sidang. Dan batasan pada laporan ini menitik beratkan pembahasan tentang instalasi Komputer / Laptop.

1.3 Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam laporan ini , antara lain :
a.     Apa itu Instalasi ?
b.    Bagaimana cara kerja Instal Computer / Laptop ?
c.     Bagaimana Sistem operasi dasar dari Instal Computer / Laptop ?

1.1  Landasan Hukum

a.       Undang-Undang No. 2 Tahun 1998
1.      Penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan melalui dua jalur , yaitu melalui jalur pendidikan sekoalah dan jalur pendidikan luar sekolah (Pasal 10);
2.      Pengadaan dan pendayagunaan sumber daya Masyarakat dan atau Keluarga Peserta Didik (Pasal 33);
3.      Masyarakat sebagai mitra pemerintah yang berkesempatan untuk berperan serta dalam menyelenggarakan pendidikan;
b.      PP No. 39 Tahun 2002
1.      Peran serta masyarakat dapat berupa pemberian kesempatan untuk magang atau latihan kerja (Pasal 2);
2.      Pemerintah dan Masyarakat menciptakan peluang uang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam system pendidikan ;
c.       Keputasan Mendikbud No. 0490-U/1992
Kerjasama SMK dengan dunia usaha terutama bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja yang di usahakan dengan azas saling menguntungkan.
d.      PP tahun 1990
1.      Penyelenggaraan Sekolah Menengah Kejuruan dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan (Pasal 29 ayat 1);
2.      Pada Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka uji coba gagasan baru yang diperlukan pengembangan pendidikan (Pasal 29 Ayat 21);

1.2  Pengertian Praktek Kerja Industri

Praktek Kerja Industri adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahliaan profesi yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung di dunia kerja dengan terarah dan terprogram mencapai keahlian profesional.

1.3  Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dari penyusunan laporan ini yakni sebagai bentuk pertanggung jawaban tertulis dari siswa untuk dijadikan bahan perbandingan dalam pengujian / sidang setelah PRAKERIN selesai. Jauh dari itu, penulisan laporan ini juga dimaksudkan untuk melatih prinsip dan konsep serta management siswa dalam setiap aktivitas yang dilakukan  sehingga pencapaian yang di dapat tidak lebih dari sekedar pelaksanaan tugas dari sekolah melainkan terdapat nilai-nilai tambah yang menyertainya.

1.6.1 Tujuan Umum

            Adapun tujuan umum dari Praktek Kerja Industri  ini yaitu untuk memenuhi persyaratan pelaksanaan Ujian Kompetensi dan Ujian Negara. Serta pada dasarnya bertujuan dalam rangka uji coba mengenai gagasan baru yang diperlukan pengembangan pendidikan untuk menjadi tenaga kerja yang dimiliki keahlian profesional.

1.6.2 Tujuan Khusus

Adapun tujuan khusus Praktek Kerja Industri antara lain :

a.       Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional di bidang teknologi serta memiliki keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
b.      Memperoleh LINK AND MATCH (Keterkaitan dan Kesepadanan) antara Sekolah dengan Dunia Usaha.
c.       Meningkatkan Efisiensi Proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkhualitas profesional.
d.      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses belajar.

1.7 Karakteristik Sistem Kerja Prakerin

a.       Standar Profesi
Program pendidikan harus jelas mengacu pada penciptaan kemampuan profesional sesuai dengan tuntutan jabatan pekerjaan atau profesi tertentu yang ada di lapangan kerja .
b.      Standar Pendidikan dan Pelatihan
1.      Komponen pendidikan umum normatif
2.      Membentuk peserta didik menjadi warga negara yang baik
3.      Komponen pendidikan dasar penunjang
4.      Memberikan bekal penunjang penguasaan keahlian profesi
5.      Komponen teori kejuruan
6.      Membekali terhadap teknis dasar keahlian profesional
7.      Komponen praktik dasar profesi
8.      Latihan kerja untuk menguasai teknik kerja dengan tuntutan dunia kerja
9.      Komponen praktik keahlian profesi
10.  Kegiatan bekerja langsung dalam situasi yang sebenarnya
c.      Metode Penyelenggara Sistem Ganda
1.    Days Relase siswa belajar tiga hari di industri.
2.    Block Relase siswa belajar satu semester di sekolah dan satu semester di industri.
3.    House Relase siswa belajar pada jam-jam di industri
Dalam pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan sistem ganda , SMKN 2 Garut akan mencoba pelaksanaan dengan sistem Block Relase dengan lama belajar di industri tiga bulan.

d.       Sistem Pengujian dan Sertifikat
Kemampuan peserta didik yang mencapai kemampuan sesuai dengan standar profesi yang dilakukan melalui Ujian Kompetensi oleh suatu tim Uji Kompetensi yang anggotanya terdiri dari Majelis Sekolah (MS) dan industri pasangannya dan peserta yang lulus akan diberi sertifikat sebagai tanda telah memiliki kemampuan profesi.
e.        Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri
Pendidikan sistem ganda mungkin dapat dilaksanakan apabila ada kesediaan industrilain untuk menjadi pasangan SMK dalam melaksanakan pendidikan sistem ganda.
f.         Peraturan Pendukung
Karena pelaksanaan pendidikan sistem ganda ini melibatkan semua pihak, antara lain Dunia Usaha atau Industri, Kadin, Asosiasi-asosiasi dan berbagai kemajuan peserta didik demi kemajuan Bangsa dan Negara.
g.        Nilai Tambah
1.    Bagi Perusahaan / Industri / Instansi
Bagi perusahaan akan mengenal secara luas kualitas lulusan SMK sehingga akan memudahkan untuk memperoleh calon karyawan, selain itu pemakai lulusan SMK dapat membina calon karyawannya sedini mungkin.
2.    Bagi Sekolah
Sekolah akan mendapat masukan dari pemakai lulusannya, sehingga bahan ajaran disekolah dapat diperluas dan diperdalam sehingga sesuai dengan tuntutan Dunia Industri.
3.    Bagi Peserta
Keahlian profesi yang diperoleh melalui Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dapat mengangkat harkat dan rasa percaya diri tamatan dan selanjutnya dapat mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesinya pada tingkatan yang lebih tinggi.

1.8 Sistematika Penulisan

            Adapun sistematika penulisan dalam pembuatan laporan ini adalah :
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
1.2         Pembatasan Ruang Lingkup
1.3         Rumusan Masalah
1.4         Landasan Hukum
1.5         Pengertian Praktek Kerja Industri
1.6         Maksud dan Tujuan
1.6.1     Tujuan Umum
1.6.2     Tujuan Khusus
1.7         Karakteristik Sistem Kerja Prakerin
1.8         Sistematika Penulisan
BAB II DESKRIPSI LOKASI PERUSAHAAN
2.1         Profile dan Sejarah Mplus Computer
2.2         Struktur Organisasi di Mplus Computer
2.3         Fasilitas- Fasilitas Pendukung di Mplus Computer
BAB III KAJIAN TEORI
3.1         Mengenal Instalasi Laptop
3.2         Operasi Dasar Pada Instalasi Laptop
BAB IV HASIL KEGIATAN PRAKERIN DAN PEMBAHASAN
3.1         Jadwal Kegiatan Praktek Kerja Industri
3.2         Tutorial Instal Laptop


BAB V PENUTUP
4.1         Kesimpulan
4.2         Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN DOKUMENTASI PRAKERIN

Comments