BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada dasarnya keahlian kejuruan (SMK) di Dunia Usaha /
Dunia Industri (DU/DI) merupakan pendidikan dan pelatihan untuk menunjukan
bahwa keterampilan siswa SMK, memiliki Evaluasi keberhasilan siswa sampai
dengan pemasaran tamatan . Program pendidikan dan pelatihan membuat aspek-aspek
pendidikan, yang meliputi :
a.
Komponen Normatif yang meliputi mata pelajaran
PAI, PKN, Bahasa dan Sastra Indonesia, Penjaskes, Sejarah Nasional, dan Sejarah
Umum
b.
Komponen Adaftif yang meliputi mata pelajaran
teori-teori kejuruan dalam lingkungan hidup suatu progra study tertentu
c.
Komponen Praktek Dasar Kejuruan yang meliputi
praktik penunjang dalam melakukan beberapa jenis pekerjaan relevan di Dunia
Usaha / Dunia Industri (DU/DI) yang berada dalam lingkup profil tamatan dari
program study tertentu.
d.
Komponen Praktek Industri Kerja Langsung pada
Dunia Usaha / Dunia Industri.
Dari berbagai
pengalaman SMK menyelenggarakan program PSG, Komponen Normatif dan Adaftif yang dilaksanakan di sekolah.
Komponen Praktek Dasar Kejuruan dapat dilaksanakan sebagian di sekolah dan
sebagiannya di industri, sedangkan Komponen Praktek Industri Sepenuhnya di
laksanakan di Industri.
1.2 Pembatasan Ruang Lingkup
Adapun
langkah lanjut dalam menyusun laporan ini , maka dari pada itu penulis membuat
batasan masalah agar tidak keluar dari pembahasan yang akan dibahas dalam
sidang. Dan batasan pada laporan ini menitik beratkan pembahasan tentang
instalasi Komputer / Laptop.
1.3 Rumusan Masalah
Adapun rumusan
masalah yang akan dibahas dalam laporan ini , antara lain :
a.
Apa itu Instalasi ?
b.
Bagaimana cara kerja Instal Computer / Laptop ?
c.
Bagaimana Sistem operasi dasar dari Instal Computer
/ Laptop ?
1.1 Landasan Hukum
a.
Undang-Undang No. 2 Tahun 1998
1.
Penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan
melalui dua jalur , yaitu melalui jalur pendidikan sekoalah dan jalur
pendidikan luar sekolah (Pasal 10);
2.
Pengadaan dan pendayagunaan sumber daya Masyarakat
dan atau Keluarga Peserta Didik (Pasal 33);
3.
Masyarakat sebagai mitra pemerintah yang
berkesempatan untuk berperan serta dalam menyelenggarakan pendidikan;
b.
PP No. 39 Tahun 2002
1.
Peran serta masyarakat dapat berupa pemberian
kesempatan untuk magang atau latihan kerja (Pasal
2);
2.
Pemerintah dan Masyarakat menciptakan peluang
uang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam system
pendidikan ;
c.
Keputasan Mendikbud No. 0490-U/1992
Kerjasama SMK dengan dunia usaha terutama bertujuan
untuk meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja yang di
usahakan dengan azas saling menguntungkan.
d.
PP tahun 1990
1.
Penyelenggaraan Sekolah Menengah Kejuruan dapat
bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh
sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan
(Pasal 29 ayat 1);
2.
Pada Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka uji
coba gagasan baru yang diperlukan pengembangan pendidikan (Pasal 29 Ayat 21);
1.2 Pengertian Praktek Kerja Industri
Praktek Kerja Industri adalah suatu bentuk penyelenggaraan
pendidikan keahliaan profesi yang memadukan secara sistematik dan sinkron
program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh
melalui bekerja langsung di dunia kerja dengan terarah dan terprogram mencapai
keahlian profesional.
1.3 Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dari penyusunan laporan ini yakni sebagai
bentuk pertanggung jawaban tertulis dari siswa untuk dijadikan bahan
perbandingan dalam pengujian / sidang setelah PRAKERIN selesai. Jauh dari itu,
penulisan laporan ini juga dimaksudkan untuk melatih prinsip dan konsep serta
management siswa dalam setiap aktivitas yang dilakukan sehingga pencapaian yang di dapat tidak lebih
dari sekedar pelaksanaan tugas dari sekolah melainkan terdapat nilai-nilai
tambah yang menyertainya.
1.6.1 Tujuan Umum
Adapun
tujuan umum dari Praktek Kerja Industri ini yaitu untuk memenuhi persyaratan
pelaksanaan Ujian Kompetensi dan Ujian Negara. Serta pada dasarnya bertujuan
dalam rangka uji coba mengenai gagasan baru yang diperlukan pengembangan
pendidikan untuk menjadi tenaga kerja yang dimiliki keahlian profesional.
1.6.2 Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus Praktek Kerja Industri antara lain :
a.
Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian
profesional di bidang teknologi serta memiliki keterampilan dan etos kerja yang
sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
b.
Memperoleh LINK AND MATCH (Keterkaitan dan Kesepadanan)
antara Sekolah dengan Dunia Usaha.
c.
Meningkatkan Efisiensi Proses pendidikan dan
pelatihan tenaga kerja yang berkhualitas profesional.
d.
Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap
pengalaman kerja sebagai bagian dari proses belajar.
1.7 Karakteristik Sistem Kerja Prakerin
a.
Standar Profesi
Program pendidikan harus jelas mengacu pada
penciptaan kemampuan profesional sesuai dengan tuntutan jabatan pekerjaan atau
profesi tertentu yang ada di lapangan kerja .
b.
Standar Pendidikan dan Pelatihan
1.
Komponen pendidikan umum normatif
2.
Membentuk peserta didik menjadi warga negara
yang baik
3.
Komponen pendidikan dasar penunjang
4.
Memberikan bekal penunjang penguasaan keahlian
profesi
5.
Komponen teori kejuruan
6.
Membekali terhadap teknis dasar keahlian
profesional
7.
Komponen praktik dasar profesi
8.
Latihan kerja untuk menguasai teknik kerja
dengan tuntutan dunia kerja
9.
Komponen praktik keahlian profesi
10. Kegiatan
bekerja langsung dalam situasi yang sebenarnya
c.
Metode
Penyelenggara Sistem Ganda
1.
Days
Relase siswa belajar tiga hari di industri.
2.
Block
Relase siswa belajar satu semester di sekolah dan satu semester di industri.
3.
House
Relase siswa belajar pada jam-jam di industri
Dalam
pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan sistem ganda , SMKN 2 Garut akan mencoba
pelaksanaan dengan sistem Block Relase
dengan lama belajar di industri tiga bulan.
d.
Sistem Pengujian dan Sertifikat
Kemampuan peserta didik yang mencapai kemampuan
sesuai dengan standar profesi yang dilakukan melalui Ujian Kompetensi oleh
suatu tim Uji Kompetensi yang anggotanya terdiri dari Majelis Sekolah (MS) dan
industri pasangannya dan peserta yang lulus akan diberi sertifikat sebagai
tanda telah memiliki kemampuan profesi.
e.
Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri
Pendidikan
sistem ganda mungkin dapat dilaksanakan apabila ada kesediaan industrilain
untuk menjadi pasangan SMK dalam melaksanakan pendidikan sistem ganda.
f.
Peraturan Pendukung
Karena pelaksanaan pendidikan
sistem ganda ini melibatkan semua pihak, antara lain Dunia Usaha atau Industri,
Kadin, Asosiasi-asosiasi dan berbagai kemajuan peserta didik demi kemajuan
Bangsa dan Negara.
g.
Nilai Tambah
1.
Bagi Perusahaan / Industri / Instansi
Bagi perusahaan akan mengenal secara luas kualitas
lulusan SMK sehingga akan memudahkan untuk memperoleh calon karyawan, selain
itu pemakai lulusan SMK dapat membina calon karyawannya sedini mungkin.
2.
Bagi Sekolah
Sekolah akan mendapat masukan dari pemakai lulusannya,
sehingga bahan ajaran disekolah dapat diperluas dan diperdalam sehingga sesuai
dengan tuntutan Dunia Industri.
3.
Bagi Peserta
Keahlian profesi yang diperoleh melalui Pendidikan Sistem
Ganda (PSG) dapat mengangkat harkat dan rasa percaya diri tamatan dan
selanjutnya dapat mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesinya pada
tingkatan yang lebih tinggi.
1.8 Sistematika Penulisan
Adapun
sistematika penulisan dalam pembuatan laporan ini adalah :
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
1.2
Pembatasan Ruang
Lingkup
1.3
Rumusan Masalah
1.4
Landasan Hukum
1.5
Pengertian Praktek
Kerja Industri
1.6
Maksud dan Tujuan
1.6.1 Tujuan
Umum
1.6.2 Tujuan
Khusus
1.7
Karakteristik Sistem
Kerja Prakerin
1.8
Sistematika Penulisan
BAB II
DESKRIPSI LOKASI PERUSAHAAN
2.1
Profile dan Sejarah
Mplus Computer
2.2
Struktur Organisasi di
Mplus Computer
2.3
Fasilitas- Fasilitas Pendukung
di Mplus Computer
BAB III KAJIAN
TEORI
3.1
Mengenal Instalasi
Laptop
3.2
Operasi Dasar Pada Instalasi
Laptop
BAB IV HASIL
KEGIATAN PRAKERIN DAN PEMBAHASAN
3.1
Jadwal Kegiatan
Praktek Kerja Industri
3.2
Tutorial Instal Laptop
BAB V PENUTUP
4.1
Kesimpulan
4.2
Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DOKUMENTASI PRAKERIN
Comments
Post a Comment