Thursday 31 January 2013

MERANCANG MULTIMEDIA





Suatu Multimedia interaktif yang baikharusmemenuhikriteria yang dapatmenjaminkeberkesananpembelajarandansuasama proses pembelajaran yang menyenangkanbagipelajar. MajuninHanum (2006) menyatakanbahwaciri-ciri multimedia interaktifterdiridari 4 halyaituinteraktiviti, user friendly, navigasidanketerpautan (link)

A.   AntarMuka
Antarmukamerupakanskrin yang menghubungkanpemakai/siswadengan program atau multimedia interaktif

B.   Interaktif
Interaktifadalahsuatutingkatandimanasuatu multimedia danpenggunasalingberpengaruhdalamsuatu system sepertipermintaandanumpanbalik (Ivers& Barron 1998).Interaksimerupakan proses 2 arahantarapenggunadengan media yang digunakan. Proses interaktifdapatmeningkatkan proses kognitifdalamdiripelajar, meningkatkanminatpelajar, dandapatmenjadilebih popular dibandingkandengankomponen multimedia lainnya.

C.   Navigasi
Navigasi pada suatu multimedia interaktif diperlukan untuk memandu pelajar dalam mempermudah mengakses informasi yang diperlukan. Navigasi merupakan suatu panduan yang merujuk kepada cara bagaimana pelajar menggunakan suatu multimedia interaktif. Menurut Allesi & Trolip (2001), navigasi merujuk kepada cara bagaimana pelajar bergerak dalam suatu program pembelajaran yaitu bagaimana ia mengetahui pada tahapan mana ia berada. Lokasi navigasi dalam multimedia harus konsisten untuk memudahkan pengguna. Navigasi mempermudah pengguna untuk mengeksplor dari halaman satu ke halaman lainnya. Navigasi juga memberikan petunjuk kepada pengguna tentang situasi atau kedudukan pada halaman mana pada saat itu pengguna berada.

D.   Self Instructional

Dengan menggunakan media tersebut, pengguna mampu membelajarkan diri sendiri tanpa bergantung kepada pihak lain. Multimedia yang dirancang harus memenuhi karakter self instructional yaitu:
1) Terdapat tujuan yang dirumuskan dengan jelas, baik tujuan akhir maupun tujuan antara;
2) Terdapat materi pembelajaran yang dikemas ke dalam unit-unit atau kegiatan spesifik sehingga memudahkan peserta untuk belajar secara tuntas;
3) Tersedia contoh dan ilustrasi yang mendukung kejelasan dalam pemaparan materi.
4) Terdapat soal-soal latihan, tugas dan sejenisnya yang memungkinkan peserta untuk memberikan respon dan mengukur penguasaannya;
5) Kontekstual yaitu materi-materti yang disajikan terkait dengan suasana atau konteks tugas dan lingkungan pelajar;
6) Menggunakan bahasa yang sederhana dan komunikatif;
7) Terdapat rangkuman materi pembelajaran;
8) Terdapt instrument penilaian yang memungkinkan pelajar untuk melakukan self assessment.
9) Tersedia informasi tentang rujukan/referensi tentang pengayaan yang mendukung materi pembelajaran.


E.    Self Contained
Self contained berarti seluruh materi pembelajaran yang dipelajari dari satu kompetensi atau subkompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu kesatuan secara utuh. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam mempelajari materi pembelajaran secara tuntas, karena materi dikemas ke dalam satu kesatuan yang utuh. Apabila harus dilakukan pembagian atau pemisahan materi dari satu kompetensi/subkompetensi harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan keluasan kompetensi/subkompetensi yang harus dikuasai.

F.    Self Pacing
Memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatannya dalam memahami materi.

Labels:

2 Comments:

At 7 February 2013 at 16:02 , Anonymous Anonymous said...

prok prok prok :D

 
At 7 February 2013 at 16:22 , Anonymous Anonymous said...

horeee.!!!

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home